Selasa, 04 September 2018

6 Film Bertemakan Sejarah Berbagai Negara Ini akan Membantumu Memahami Asia Tenggara



ff.hrw.org

Film selain bisa digunakan sebagai sarana hiburan juga dapat dimanfaatkan untuk mengedukasi penonton. Salah satu caranya ialah dengan menampilkan sejarah-sejarah bangsa agar tidak dilupakan oleh generasi-generasi berikutnya. Bagaimanapun film yang menceritakan perjuangan bangsa akan menambah rasa nasionalisme para penonton. Berikut ini 6 daftar film yang dapat kamu jadikan referensi untuk belajar sejarah, khususnya Asia Tenggara.

1. Indonesia – Guru Bangsa : Tjokrominoto

youtube.com

Film ini deperankan oleh pemain film terkenal Indonesia Seperti Reza Rahardian, Cristine Hakim, Didi Petet, dan sederetan artis papan atas lainya. Film yang mengangkat salah satu tokoh Serikat Islam (SI) ini disutradari oleh Garin Nugraho. Film tersebut berfokus pada bagaimana perjuangan Cokrominoto dalam memajukan bangsa melalui organisasi pemuda.

2. Malaysia – 1957 : Hati Malaya

mubi.com

1957 : Hati Malaya dirilis pada tahun 25 Oktober Tahun 2007 dan menjadi salah satu film terbaik yang menceritakan sejarah berdirinya Negara Malaysia. Film 1957 : Hati Malaya mengkisahkan tentang berdirinya partai UMNO yang menuntut untuk kemerdekaan Negara Malaysia dari Bbritish. Scene yang mengharukan terjadi ketika Tunku Abdul Rahman yang tidak lagi punya dana untuk bernegosiasi dengan Inggris di London. Namun semangat persaudaraan membuat rakyat mengumpulkan dana sukarela agar Tunku Abdul Rahman dapat berangkat ke London untuk menuntut kemerdekaan Malaysia.

3. Kamboja - The Missing Picture

guim.co.uk

Film Sejarah The Missing Ficture mengambil latar sejarah kekejaman Khmer Merah di Kamboja. Rithy Panh merupakan sutradara sekaligus penulis naskah film bersama Cristhope Bataille. Sebagai bagian dari film dokumenter, The Missing Ficture mengkombinasikan antara berita asli dan cerita yang dibuat dengan menggunakan elemen tanah liat.

4. Thailand - Legend of King Naresuan

youtube.com

Film ini menceritakan tentang perebutan kekuasaan oleh dua kerajaan yaitu Sukhotai dan Birma. Film ini memiliki lima seri, dan seri paling utama rilis pada 18 Januari 2005.


5. Filiphina - A Lullaby to the Sorrowful Mystery

filmpressplus.com

Film ini merupakan film yang memiliki latar abad ke-19, dimana pada masa tersebut pergerakan-pergerakan pemikaran gencar terjadi di Filiphina. Durasi film yang mencapai 480 menit membuat film ini menjadi sangat panjang dan lama untuk di tonton.  A Lullaby to the Sorrowful Mystery ditulis ole Lav Diaz yang sekaligus menjadi sutradara.

Load disqus comments

0 komentar