Selasa, 04 September 2018

Hebat, 7 Provinsi Ini Ternyata Memiliki Angka Buta Huruf Paling Rendah di Indonesia


Apakah Tempat Tinggalmu Salah Satunya ?

merahputih.com

Tingginya angka buta huruf suatu daerah menjadi salah stau indikator yang melihatkan mutu pendidikan di wilayah tersebut. Menrujuk pada data Badan Pusat Statistika (BPS) Indonesia pada tahun 2016, angka keseluruhan buta huruf rentang usia diatas sepuluh tahun secara nasional adalah 4,6 %. Namun, ada beberapa provinsi yang ternyata memiliki angka buta huruf jauh lebih rendah dibandingkan skala nasional. Berikut provinsi mana saja yang memiliki buat huruf terendah :

1. Provinsi Sulawesi Utara (0,21 %)

ksmtour.com

Provinsi yang ada di Ujung Pulau Sulawesi ini menjadi provinsi dengan persentase orang yang buta huruf terendah di Indonesia. Dalam menopang pendidikan yang lebih baik, Pemerintah Sulawesi Utara bekerjasama dengan institusi lain untuk meningkatkan mutu pendidikan di provinsinya.

2. Provinsi DKI Jakarta (0,36 %)

kindo.co.id

Ibukota sebagai kota metropolitan dan ibukota negara Idonesia berada di posisi dua dalam angka buta huruf terendah di Indonesia. Di Jakarta banyak sekolah-sekolah yang memiliki fasilitas pendidikan yang baik sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.

3. Provinsi Riau (0,93 %)

ksmtour.com

Berada di posisi ketiga, Riau menjadi provinsi dengan buta huruf terendah di Pulau Sumatera. Pemerintah Provinsi Riau memang memberikan perhatian yang ekstra terhadap pelajar, salahsatunya melalui besiswa.

4. Provinsi Kalimantan Tengah (1,03%)

ksmtour.com

Salah satu suku yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah adalah Suku Dayak. Saat ini banyak dari generasi-generasi baru suku Dayak yang telah memperoleh pendidikan. Tidak mengherankan, kalimantan tengah dinilai memiliki angka buta huruh yang rendah di Indonesia.

5. Provinsi Maluku (1, 06%)

wikimedia.org

Pendidikan menjadi faktor penting dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia. Maluku, provinsi yang berada di wilayah Timur ini ternyata mampu menjadi salah satu provinsi dengan angka buta huruf terendah di Indonesia.

6.Provinsi Sumatera Utara (1,12 %)

catatanmini.com

Provinsi Sumatera Utara yang dikenal memiliki danau terluas di Indonesia ini juga menjadi salah satu provinsi dengan angka buta huruf terendah. Pendidikan menjadi salah satu prioritas utama Provinsi Sumatera Utara dalam Pembangunan.

7. Provinsi Kepulauan Riau (1,16 %)

merahputih.com

Meskipun provinsi yang baru pemekaran tahun 2002, KepulauanRiau sepertinya tidak ingin etrtinggal dari provinsi-provinsi lainya dalam pendidikan. Hal ini terlihat dari persentase buta huruf di Kepulauan Riau tergolong rendah.


Load disqus comments

0 komentar