Kamis, 25 Oktober 2018

Goryeo Azalea : Festival Unik dan Menarik yang dapat Dijumpai di Korea Selatan



Siapa sih yang tidak tahu dengan Negara Korea, Selain terkenal dengan dramanya yang memiliki banyak peminat di seluruh dunia, pemandangan alam yang ada di negeri ginseng ini juga menakjubkan. Di negara yang berada di Semenanjung Korea ini memang terkenal dengan pemandangan alam yang luar biasa mempesona. Sebut saja pemandangan kota-kota metropolitanya yang terlihat memukau ketika malam hari, maupun pulau-pulau Korea Selatan yang indah.

koreandramaland.com

 Selain dianugerahi dengan pemandangan yang menakjubkan, Korea juga dikenal dengan tradisi-tradisi unik yang tiada duanya. Beberapa hal unik yang dapat kita jumpai di negara ini diantaranya adalah Boryeong Mud Festival, yang menjadi salah satu festival unik di dunia. Festival yang diadakan selama dua minggu pada bulan Juli ini memang unik banget. Bahkan sudah terkenal di seluruh dunia. Setiap tahunya, banyak orang yang datang untuk menikmati fesital kotor-kotoran penuh lumpur ini.

  Selain itu, di Korea Selatan para traveller juga akan menjumpai makanan unik yang wajib dicoba seperti Nakji. Makanan yang berupa gurita hidup lalu dipotong-potong dan masih bergerak-gerak. Meskipun kelihatan menjijikkan, akan tetapi makanan itu memang sangat populer bagi Orang Korea maupun wisata asing. Untuk menambah rasa makanan tersebut biasanya ditambahkan lagi dengan biji wijen.

  Nah, jika para traveller muda ingin festival yang lebih romantis seperti drama-drama yang terkenal di Korea itu, maka Goryeo Azale adalah jawabanya. Festival tersebut diadakan pada bulan April di Gunung Goryeosan yang merupakan salah satu tempat wisata populer di Korea. Gunung yang indah ini dapat wisatawan jumpai di Pulau Ganghwado. Gunung Goryeosan tersebut berada di tengah pulau dan memiliki ketinggian 436 M. Dari gunung tersebut, wisatawan dapat melihat pemandangan yang begitu memukau, termasuk bunga sakura Yeoido.

  Azalea sendiri merupakan sejenis bungan hias yang cukup populer di dunia. Bunga tersebut dapat tumbuh di wilayah yang beriklim sedang dan berkembang pada awal musim panas. Ketika musim mekarnya, bunga tersebut terlihat begitu indah sehingga akan memanjakan mata bagi pengunjung yang melihatnya. Belum lagi bunga Azalea yang tumbuh di Korea tersebut dilatar belakangi Pulau Ganghwado yang memang telah menakjubkan.

  Untuk mencapai tempat wisata ini, para pengunjung tidak perlu khawatir tersesat. Akses ke pulau tersebut terbilang cukup gampang. Apabila pengunjung yang datang berasal dari ibukota Korea Selatan, Seoul, maka cukup menggunakan kereta bawah tanah ke Hongdae. Di sana pengunjung dapat meneruskan perjalanan dengan menggunakan bus menuju ke Ganghwa. Nah, ketika sampai di terminal tersebut maka jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan brosur tentang informasi festival yang akan berlansung.

Festival Bunga di Seoul

digitaloceanspaces.com

  Jika menurutmu festival bunga yang berada di Pulau Ganghwado ini terasa cukup jauh, maka tidak ada salahnya untuk menikmati keindahan bunga lain di pinggiran kota Seoul. Yup, benar sekali festival yang serupa tapi tak sama dapat wisatawan temui di ibu kota Korea Selatan ini. Namanya adalah Seoul-Rosen-Festival. Festival bungan mawar ini diadakan pada pertengahan hingga akhir Bulan Mei di berbagai titik, diantaranya yaitu Taman Olahraga Junghwa, Taman Umum Surim, dan juga di Taman Mawar Aliran Sungai Mokdongcheon.

  Festival yang dihiasi dengan mawar-mawar bermekaran berbagai warna ini memiliki panjang hingga 5,15 km. Dari tempat tersebut, pengunjung dapat mengambil foto yang menarik selama festival. Selain itu, pada malam harinya pengunjung kembali disuguhkan dengan acara kembang api. Di tempat tersebut juga disediakan spot-spot bunga mawar yang dihiasi dengan efek pencahayaan pada malam hari sehingga menambah kemeriahan festival.

Keindahan Lotus di Korea Selatan

thesoulofseoul.net

  Pada bulan Juli, maka saatnya bunga teratai (lotus) yang bermekaran. Bunga yang di beberapa daerah Indonesia juga dikenal dengan bunga seroja ini memang sangat indah. Kelopak bunganya yang bermekaran di tepi kali atau danau membuatnya memiliki keunikan tersendiri. Terlebih pula dengan daun-daunya yang lebar dan mengapung di atas air.

Festival Bunga Sakura di Jeju

ksmtour.com

  Jika ingin ke tempat yang lumayan jauh dari perkotaan, maka festival bunga sakura di Jeju adalah pilihanya. Pada festival yang diadakan setiap akhir Maret hingga awal Apri ini, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan bunga sakura yang memikat. Selain itu, Pulau Jeju yang berada di Korea Selatan selama ini memang terkenal sebagai tempat wisata yang banyak didatangi wisatawan dunia.

  Pulau Jeju atau dalam Bahasa Korea dikenal dengan nama Jeju-do (제주특별자치도), merupakan pulau yang berada di Selat Korea. Pulau yang memiliki pemandangan alam memikat ini merupakan bagian dari Pulau Vulkanis yang terbentuk kira-kira 2 juta tahun yang lalu. Di Pulau Jeju juga terdapat Gunung Halla yang memiliki ketinggian 1.950 mdpl sehingga menjadi Gunung Tertinggi di Korea Selatan.

  Dalam keseharianya, masyarakat Jeju sangat dekat dengan kehidupan laut. Kebanyakan masyarakat asli pulau tersebut bekerja sebagai nelayan. Tidak mengherankan memang apabila Pulau yang memiliki penduduk sekitar 560.000 jiwa ini memiliki philosofi kehidupan yang sangat erat hubunganya dengan laut. Sebagaimana ungkapan yang familiar di daerah tersebut.

Kebahagiaan itu kecil seperti butir pasir, sementara kesedihan itu sebesar batu karang

Hanami : Menikmati Bunga Sakura di Jepang 

res.klook.com

  Selain di Korea Selatan, festival bunga yang serupa juga dapat dijumpai di Jepang. Negara yang memang menjadi tetanggaan dari Korea Selatan ini juga memiliki budaya yang unik, sebagaimana Korea Selatan. Bahkan Negara Jepang sendiri dikenal dengan sebutan sebagai Negara Sakura, saking terkenalnya dengan bunga tersebut. Memang bunga sakura sendiri telah menjadi bunga nasional bagi negara yang juga disebut sebagai negeri matahari terbit ini. Selain bunga sakura, bunga seruni juga menjadi bagian dari bunga nasional Negara Jepang.

  Bunga sakura (, ) merupakan bunga yang termasuk dalam familia Rosaceae dan masih memiliki hubungan dekat dengan pohon aprikot, prem, maupun presik. Ciri khas dari bunga sakura ini adalah ia memiliki bunga yang terlebih dahulu mekar dari daunya. Sehingga kelopak-kelopak bunga yang keluar dari ranting pohon tersebut terlihat indah ketika dilihat.

  Orang-orang Jepang memiliki kebiasaan untuk menikmati bunga Sakura yang mekar di Bulan April ini. Bahkan kebiasaan tersebut memiliki namanya sendiri, yaitu hanami. Asosiasi Bunga Sakura Jepang mengeluarkan 100 tempat terbaik untuk berhanami ria pada tahun 1990. Semua tempat yang dipilih memang menjadi kawasan wisata yang ramai dikunjungi hingga saat ini seperti Taman Ueno (Tokyo), Taman Istana Osaka (Osaka), Taman Sukugawa (Nishinomiya), dan berbagai tempat lainya.

res.klook.com

Taman bunga sakura di Jepang memang sudah ada sangat lama. Seperti Taman Ueno yang berada di Tokyo minalnya. Taman ini sudah digemari oleh masyarakat Jepang untuk bersantai semenjak abad ke-16. Dalam taman tersebut terdapat paling tidak 1.200 pohon sakura yang dapat dikunjungi mulai pukul 05.00-23.00 waktu setempat. Selain dilengkapi dengan taman yang nyaman dan bersih, taman yang memiliki luas 5.300 meter persegi ini juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas lainya seperti Museum Nasional tokyo, Kebun Binatang Ueno, Universitas Seni Tokyo, Tokyo Festival Hall, Ueno Tōshō-gū (kuil Shinto), dan lain-lain.

Bagaimana, tertarik untuk menikmati keindahan bunga yang terdapat di dua negara kawasan Asia Timur ini ?

Load disqus comments

0 komentar