Sabtu, 20 Oktober 2018

10 Tempat di Indonesia yang Memiliki Terumbu Karang Terindah dan Populer ini Cocok bagi Pecinta Diving

 Menyelam sambil melihat keindahan biota laut memang sangat menyenangkan. Selain untuk refreshing dan menjadi kegiatan yang menarik semasa liburan, menyelam juga dapat dijadikan sebagai bagian dari edukasi. Banyak biota-biota laut dapat kita temukan di pesisir pantai yang memiliki terumbu karang yang indah dan mempesona, seperti berbagai jenis ikan, kerang, timun laut, moluska, dan lain-lain.
 Salah satu tempat yang memiliki keindahan bawah laut yang memepsona dan menjadi daya tarik wisatawan dunia adalah Indonesia. Keindahan alam terumbu karang dan keragaman hayati yang ada di dalamnya tidak diragukan lagi. Dari Sabang hingga Merauke, banyak sekali terumbu-terumbu karang yang menghiasi perairan Indonesia.
 Indonesia bahkan tercatat sebagai salah satu surganya terumbu karang (coral reefs) di dunia. Banyak wisatawan asing maupun domestik yang melakukan perjalanan di berbagai wilayah Indonesia untuk menikmati keindahan alam bawah laut ini. Selain itu, tidak hanya bawah lautnya tentu yang menjadi daya tarik, pantai-pantai dan hamparan laut biru juga menjadi nilai tambah yang akan memuaskan mata penyelam.
 Nah, sahabat millennial, erikut ini 10 tempat menyelam di Indonesia yang dikenal memiliki terumbu karang dan keindahan alam luar biasa.

1. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

bacpakkerjakarta.com 
Taman Laut Wakatobi merupakan salah satu taman laut yang terkenal di Indonesia. Tempat yang berada di Kabupaten Wakatobi, Sulawei Tenggara ini dikenal memiliki keindahan alam yang fantastis dan dengan mudahnya dapat memikat wisatawan ketika berkunjung. Peresmian Taman Laut Wakatobi menjadi bagian dari Taman Nasional sudah dimuali semenjak tahun 1996.
 Taman Nasional yang meliputi kawasan seluas 1,39 juta ha ini tidak hanya dikenal di Indonesia, akan tetapi telah mempunyai nama hingga dunia Internasional. Tidak mengherankan banyak event-event menyelam dan turis asing yang berkunjung ke perairan tersebut.
 Selain menyuguhkan keindahan alam yang memikat, Wakatobi juga terbilang sangat kaya dengan flora dan fauna. Tercatat ada 112 jenis karang dan sekitar 90 jenis ikan yang mendiami perairan di Tenggara Pulau Sulawesi tersebut. Beberapa terumbu karang yang dapat ditemukan oleh penyelam ketika menjelajahi Wakatobi diantaranya adalah Acropora formosa, HyacinthusLobophyllia robustaMerulina ampliata dan lain sebagainya. Sedangkan untuk ikanya sendiri, penyelam akan dimanjakan dengan berbagai jenis ikan yang memiliki warna dan bentuk yang memikat seperti; Ikan Binthik (Cephalopholus argus), Ikan Napoleon (Cheilinus undulatus), Ikan Baronang (Siganus guttatus), dan masih banyak lagi.
 Meskipun teramat terkenal, uniknya banyak yang belum tahu, ternyata nama Wakatobi sendiri merupakan singkatan dari empat pulau besar yang berada di kawasan Sulawesi Tenggara yaitu; Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Perlu diketahui bahwa Wangi-wangi merupakan ibukota dari Wakatobi itu sendiri. 

2. Raja Ampat, Papua

  Pada tahun 2002, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pernah melakukan penelitian tentang keanekaragaman biota laut yang menempati salah satu kawasan dengan terumbu karang yang indah di Indonesia ini. Dalam penelitian tersebut, dikatakan bahwa Raja Ampat memiliki sekitar 75 persen dari terumbu karang yang ada di dunia. Tidak mengherankan dengan terumbu karang yang melimpah dan beragam tersebut, menjadikan alam bawah laut Raja Ampat sungguh memukau.
  Raja Ampat berlokasi di Provinsi Papua Barat dan memiliki setidaknya 610 gugusan pulau. Semuanya memiliki keunikan dan keindahanya mansing-mansing. Bagi para penikmat keindahan alam perairan, beberapa tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Raja Ampat diantaranya meliputi Cross Wreck, Magic Mountain, dan Chicken Reef.
 Kawasan yang tercatat memiliki setidaknya 450 jenis karang dan lebih dari 1000 jenis ikan ini berada di perairan yang strategis. Hal ini disebabkan kawasan tersebut berada di tepian dua gugusan benua yaitu Asia dan Australia. Dengan suhunya yang hangat, maka terumbu karang dapat tumbuh dengan baik di sana.

3. Pulau Togean, Sulawesi Tengah

 Sulawesi yang berada di sekitar segitiga karang dunia memang tidak ada habisnya dalam menyuguhkan keindahan bawah laut. Banyak sekali terumbu karang dan berbagai jenis ikan serta moluska yang dapat dijumpai oleh penyelam ketika menjelajahi lautan di sekitar pulau yang juga dikenal dengan nama Celebes ini.
 Salah satu tempat menyelam yang terkenal dengan pesona bawah lautnya adalah Pulau Togean yang berada di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Meskipun terbilang baru, yaitu diresmikan pada tahun 2004, namun keindahan dan keberagaman hayati yang ada di bawah lautan Pulau Togean telah terkenal hingga manca negara. Banyak turis asing maupun domestik penggila olahraga menyelam yang akhir-akhir ini berkunjung ke pulau tersebut.
 Pulau Togean tercatat memiliki 262 jenis karang yang tersebar di 25 titik terumbu karang. Selain itu kawasan tersebut juga menjadi habitat hambir 600 spesies ikan dan lebih dari 555 jenis moluska. Dengan keanekaragaman yang sangat melimpah dan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik, tidak mengherankan Pulau Togean semakin lama semakin banyak dilirik pecinta menyelam.
 Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat tersebut, maka bisa memulai perjalanan dari Gorontalo. Untuk penginapan sendiri, di Pulau Togean terbilang bervariasi mulai 150.00 ribuan rupiah. Bagi pecinta menyelam yang tidak membawa perlatan menyelam juga tidak perlu khawatir, karena di Pulau Togean banyak tempat penyewaan peralatan renang yang bisa disewa dengan murah sekitar 50.000 ribuan rupiah.

4. Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

 Bunaken, siapa yang tidak kenal dengan salah satu taman laut yang terkenal memiliki keindahan alam bawah laut yang luar biasa ini ? Taman Nasional Bunaken, yang terletak di Sulawesi Utara ini merupakan rumah bagi 390 spesies terumbu karang. Beragam terumbu karang dari berbagai spesies tersebut kemudian yang mewarnai alam bawah laut di Bunaken sehingga akan sangat memanjakan wisatawan ketika menyelam di atasnya.
 Tercatat ada sekitar 40 titik menyelam di Taman Laut Bunaken yang semuanya memiliki pemandangan bawah laut yang indah nan memukau. Penyelam selama berada di bawah laut akan dimanjakan dengan ratusan spesies ikan dan berbagai jenis moluska. Perairan Bunaken juga menjadi rumah bagi salah satu jenis penyu paling langka di dunia, yaitu penyu sisik Hawksbill.
  Taman Laut Bunaken memiliki luas perairan sekitar 75.265 ha dan terdiri dari lima pulau utama yaitu Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Naen, Pulau Manado, dan Pulau Mantehage. Untuk mencapai taman Laut Bunaken, para penyelam bisa memulai perjalanan dari Kota Manado dengan menggunakan motor laut.
Sedangkan untuk penginapan selama berada di lokasi, pengunjung juga tidak perlu khawatir, karena banyak disediakan penginapan maupun hotel berbintang di Kawasan Bunaken. Untuk biaya masuk ke Taman Laut Bunaken, pengunjung cukup membayar biaya 50.000 rupiah per orangnya.

5. Pulau Weh, Aceh

  Pulau Weh merupakan pulau kecil yang berada di ujung Barat Indonesia. Keberadaan pulau yang terkenal memiliki keindahan alam memukau ini berbatasan lansung dengan Samudera Hindia. Salah satu tempat paling menarik dan wajib dikunjungi ketika menyambangi Pulau Weh adalah Batee Tokong. Di tempat tersebut memiliki ciri khas terumbu karang yang tumbuh dengan indah sepanjang lereng yang curam. Banyak jenis biota laut yang akan dijumpai penyelam ketika menjelajahi tempat ini, salah satunya adalah jenis hiu sirip putih.
 Selain Batee Tokong, tampat lain yang tidak kalah memukau untuk dijadikan tempat menyelam adalah Shark Plateu. Di tempat ini, banyak sekali ikan hiu yang dapat dijumpai sehingga cukup membutuhkan adrenalin para penyelam.
 Akses yang dapat ditempuh ke pulau ini terbilang cukup gampang. Perjalanan dapat dimulai dari pelabuhan kota Banda Aceh dan diteruskan dengan kapal feri menyeberangi Selat Benggala. Setelah itu, wisatawan telah dapat menikmati pulau paling ujung Indonesia ini.

6. Murotai, Maluku Utara

  Murotai adalah nama pulau yang berada di Utara Halmahera, Maluku Utara. Selain terkenal dengan sejarah masa lalunya, pulau ini juga menyimpan keindahan alam yang sangat memikat dan sungguh memanjakan mata. Ketika hadir di pulau tersebut, maka hamparan pasir putih dan laut biru cerah yang tenang akan membuat turis betah untuk berlama-lama di pulau tersebut.
 Selain memiliki keindahan alam yang indah, Murotai dari bawah laut rupanya menyimpan potensi yang sama. Terumbu karang yang sangat beragam dan bewarna-warni menghiasi dasar laut dangkal yang tersentuh sinar matahari. Keandaan alamnya sendiri terbilang masih asri dengan air yang jernih sehingga benar-benar cocok untuk kegiatan snorkeling.

7. Kepulauan Gili, NTB

 Ada tiga pulau utama yang membentuk Kepulauan Gili di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini yakni Pulau Gili Trawang, Gili Air, dan Gili Meno. Ketiga pulau tersebut memiliki keindahan alam yang sungguh memikat dengan pasir putih yang bersih dan lembut. Hampir semua bagian pulau dikelilingi oleh pasir putih ini.
 Selain menghadirkan keindahan alam yang asri, pulau tersebut juga terbilang tenang karena memiliki daratan yang tidak cukup luas. Uniknya di kepulauan tersebut tidak terdapat kendaraan bermotor, sehingga wisatawan bisa menggunakan kereta berkuda ataupun transportasi laut.
 Untuk keindahan alamnya, Kepulaun Gili memang kerap kali dijadikan tempat untuk menyelam bagi wisatawan. Banyak orang dari berbagai wilayah Indonesia yang menggemari menyelam ataupun sekedar ingin mencoba menghilangkan penat berkunjung ke pulau cantik ini. Di bawah laut, penyelam disuguhkan dengan aneka ragam kekayaan biota laut dengan warna-warna yang unik.

8. Nusa Penida, Bali

  Berbicara wisata, Bali memang tidak pernah ketinggalan. Keindahan alam dan kekentalan budaya yang tetap terjaga membuat pulau yang dikenal sebagai Pulau Dewata ini menjadi primadona bagi turis, tidak hanya bagi wisatawan domestik akan tetapi juga mancanegara.
 Selain wisata pantai putih yang mempesona, alam bawah laut di provinsi yang terletak sebelah Timur Pulau Jawa ini juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Salah satu tempat untuk menyelam terbaik yang dapat ditemukan di Bali adalah Nusa Penida. Pulau yang memiliki pemandangan sangat indah ini terletak di Tenggara pulau Bali. Di tempat tersebut, penyelam akan disuguhkan dengan pemandangan terumbu krang dan berbagai jenis biota laut yang mempesona.
 Selain Nusa Penida, terdapat beberapa tempat lain yang bisa dijadikan tempat menyelam yang unik ketika berkunjung di Bali, seperti Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Di tempat tersebut, selain menyaksikan keindahan bawah laut Pulau Bali, penyelam juga dapat melihat berbagai patung Budha, candi, dan pura yang berada di bawah laut.

9. Pulau Derawan, Kalimantan Timur

  Surga tersembunyi di Timur Kalimantan, begitulah paling tidak orang-orang menamai salah satu pulau yang berada di provinsi beribukota Samarinda ini. Pulau Derawan selama ini memang dikenal sebagai pulau kecil yang memiliki alam mempesona dengan air biru jernih. Tidak mengherankan semenjak tahun 2012 silam, pulau yang menjadi bagian dari Kabupaten Berau ini ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan oleh kementrian pariwisata.
  Alam bawah laut Pulau Derawan menyimpan kekayaan bioata yang sangat melimpah dan sayang apabila dilewatkan. Ada sekitar 460 jenis terumbu karang dan lebih dari 832 jenis ikan yang dapat dijumpai di bawah laut Derawan. Salah satu biota yang dapat ditemui oleh penyelam adalah penyu hijau dan penyu sisik.
Selain itu, di tempat ini juga menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan seperti ikan duyung, ikan pari, dan juga lumba-lumba. Selain habitat terumbu karang, di pulau yang memiliki pesona alam luar biasa ini juga dapat ditemukan kawasan mangrove maupun padang lamun yang menjadi habitat bagi banyak biota laut.
 Untuk akses sendiri, suga tersembunyi ini dapat kamu temukan mulai dari Kota Tarakan. Dari tempat tersebut, wisatawan dapat menggunakan speedboat dan akan lansung mengantarkanmu ke Pulau Derawan yang eksotis. Selain itu, wisatawan juga bisa juga menempuh akses dari Smarinda dengan menggunakan kapal laut.

10. Pulau Bintan, Kepulauan Riau

 Pulau Bintan merupakan pulau yang terletak di Selatan Semenanjung Malaya dan dekat dengan Negara Singapura. Pulau yang menjadi bagian dari Provinsi Kepuluan Riau ini memang cukup terkenal di kancah dunia, tidak hanya karena lokasinya yang strategis akan tetapi karena pemandangan alamnya yang sangat memikat.
 Di Pulau yang dikenal juga dengan pulau “ Negeri Segantang Lada” ini terdapat banyak tempat snorkeling yang sayang dilwatkan ketika berlibur ke sana. Salah satu tempat menyelam yang terkenal adalah Mapur, sebuah pulau yang memiliki luas 4.000 meter. Di pulau tersebut, tidak hanya disuguhkan pemandangan alam tropis yang begitu memikat, penyelam juga disuguhkan dengan batu karang yang menjadi habitat banyak jenis ikan dan moluska.
 Bagaimana, tertarik bukan untuk menyelami keindahan bawah laut nusantara ?
Load disqus comments

0 komentar